Uncategorized

Festival Desa Tahun 2023

Berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat nomor Kep.055/PMD.02.05-KPPM/2023 tentang Perubahan Ketujuh atas Keputusan Gubernur Nomor Kep.004/PMD.02.05 – KPPM/2023 tentang Patriot Desa Jawa Barat, maka kabupaten Sukabumi mengadakan Festival Desa Tahun 2023 yang dilaksanakan tanggal 22 November 2023, di Gedung Promosi dan Pusat Pengembangan Produk IKM Kabupaten Sukabumi, di Jl. KH Anwari Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.  Dalam kegiatan ini, pemerintah kabupaten Sukabumi mengundang beberapa pihak terkait untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, kepala dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sukabumi H. Gun Gun Gunardi, Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa (SSPMD) Koko Muhamad dan beberapa kepala desa yang telah berkolaborasi dengan pihak patriot desa.  Kegiatan ini bertujuan kegiatan Festival Desa 2023 ini bertujuan untuk promosi dan pemasaran produk unggulan industri kecil dan menengah (IKM) desa-desa. Kemudian peningkatan kapasitas promosi dan pemasaran para pelaku IKM Desa, publikasi capaian pendampingan program, pembentukan komunitas Penggerak Lokal Kabupaten Sukabumi.

Festival Desa 2023 bertajuk ‘mengungkit indeks desa membangun melalui promosi dan pemasaran produk unggulan desa’. Kegiatan dihadiri oleh Patriot Desa, 11 Kepala Desa dari 11 Kecamatan, DPMD, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, BPBD, Kepala BLK, Kepala BPDASHL Citarum-Ciliwung, Camat Palabuhanratu serta tamu undangan lain.

Universitas Nusa Putra sebagai kampus yang berperan aktif dan mendukung terlaksaannya program patriot desa yang selama ini dilakukan.  Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan apresiasi/award atas dukungannya yang selama ini sudah dilaksanakan. Dalam kesempatan ini, pihak Universotas Nusa Putra diwakili oleh LPPM yang mana sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan patriot desa khususnya dalam kegiatan pengabdian Masyarakat melaui program KKN.

Dalam kesempatan itu, Mang Koko mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut andil dan berkolaborasi dengan pihak patriot desa atas perannnya dalam peningkatan Indeks desa membangun (IDM), oleh karena itu kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya akan hal ini” kata mang koko.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gun Gun Gunardi mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini non budgeter atau tidak ada anggarannya. Selain itu dirinya berharap kegiatan ini juga bisa didukung sepenuhnya terutama oleh penggagas program yaitu dari pemerintah provinsi dan ke depan bisa dilanjutkan serta dilebarkan, tidak hanya 11 desa seperti saat ini. Menurutnya, Patriot desa itu adalah program provinsi yang menjadi sasarannya adalah lebih ke sumber daya manusia (SDM) nya bukan dalam bentuk program kegiatan yang padat anggaran.

Pihak LPPM Universitas Nusa Putra yang diwakili oleh Dudih Gustian, mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Dirinya juga a berharap dengan Kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik dengan Bupati Sukabumi, maka Nusa Putra sebagai kampus yang berada di wilayah kabupaten Sukabumi akan terus mendukung program-program yang dilaksanakan Bupati demi mewujudkan visi dan misi demi kesejahteraan masyrakat kabupaten Sukabumi.

Setelah pemberian award, kegiatan ini dilanjutkan dengan testimoi dari desa, penggerak local serta diujung acara dibentuk forum penggerak lokal sebagai kepanjangan tangan dari tugas patriot desa yang selama ini dilakukan dan opening pameran produk-produk unggulan desa hasil kolaborasi dengan pihak patriot desa.

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian