Uncategorized

Peringatan Isra Mi’raj Di Desa Cirumput Melalui Kegiatan Kkn Mahasiswa

Mahasiswa dan Mahasiswi KKN kelompok 17 Universitas Nusa Putra Sukabumi, membantu warga desa  cirumput dalam mengadakan acara Tabligh akbar untuk memperingati isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Acara isra Mi’raj ini dilaksanakan pada hari Minggu 19 Maret 2023. Kegiatan dilaksanaan untuk menghilangkan rasa trauma (Trauma healing) paska gempa bumi berkekuatan 5,6 Mw yang dialami oleh warga desa cirumput.

Mahasiswa dan Mahasiswi kelompok 17 berkerja sama dengan warga dan karang taruna desa cirumput dalam mempersiapkan acara Tabligh akbar. Pada hari sabtu 18 maret 2023 mahasiswa dan mahasiswi kelompok 17 membantu membangun pangung untuk acara Tagblih akbar tanggal 19 maret 2023. Pada hari Minggu 19 Maret 2023, acara Tagblih Akbar ini dilaksanakan pada jam 08.00 pagi yang bertitik pusat di Desa Cirumput, kp. Nagrog. Acara ini dimulai dengan melakukan pawai mengelilingi desa dan sebagian divisi kelompok 17 ikut serta dalam kegiatan pawai, dan Sebagian lagi membantu warga untuk menyiapkan makanan setelah pawai dilaksanakan. Kegiatan pawai ini di ikuti oleh segala kalangan usia baik anak-anak maupun orang dewasa yang ikut serta dalam memeriahkan acara Tabligh akbar ini.

Sesudah terlaksananya kegiatan pawai mengelilingi desa, kemudian acara dilajutkan dengan pentas seni islami berupa hafalan al quran yang dipersembahkan oleh para anak-anak SD Sukabakti. Anak-anak SD Sukabakti sangat antusias dalam mengikuti kegiatan persembahan pentas seni islami ini. Dan para wargapun sangat bersemangat melihat pentas seni islami yang ditampilkan oleh anak-anak dari SD Sukabakti.

Tidak hanya mengikuti acara Tabligh akbar saja, namun para mahasiswa dan mahasiswi kelompok 17 mengadakan tes gula dan tensi darah gratis kepada warga desa cirumput kp.nagro . Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan warga terbantu dalam segi Kesehatan dan warga semakin peduli Kembali kepada kesehatanya masing-masing.

Acara Tabligh Akbar ini diselengarakan untuk mempererat hubungan silaturahin dan persahabatan antar warga didesa cirumput. Dan tentunya sebagai sarana mahasiswa dan mahasiswi kelompok 17 untuk menjalin tali persaudaraan dan persahabatan dengan warga desa cirumput. Dan juga acara Tabligh Akbar ini sebagai sarana pemulihan trauma pasca bencana gempa yang menimpa desa Cirumput.

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian