Uncategorized

Sosilasiasi Pengenalan HKI Tahun 2023

Sukabumi, 08 Agustus 2023

Dalam rangka meningkatkan kapsitas kompetensi sumber daya manusia dalam hal penelitian, pengabdian Masyarakat dan publikasi, maka KemendikbudDikti menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengenalan kekayaan intelektual tahun 2023 yang bertempat di hotel Horison Sukabumi.  Jl. Siliwangi No. 68 Kebon jati, Kec. Cikole Kota Sukabumi.  Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen dan tenaga kependidikan dari perguruan tinggi yang ada di kota/kab. Sukabumi yang berjumlah sekitar 200 org lebih.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara Ibu Dessy Ratnasari, M. Si, M. Psi selaku anggota DPR RI Komisi III bidang Pendidikan, Ibu Ria Dewi Handayani, S.Pt, M.M selaku dosen Universitas Muhammadiya Sukabumi dan Bp. Ahmad Marzuki, P.hD selaku Dirjen HKI dari KemendikbudDikti.  Sementara itu kegiatan acara ini dibuka Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Bp. Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.

Dalam pemaparannya, Bp. Ahmad Marzuki yang juga Dosen di Universitas Sebelas Maret Surakarta mengatakan bahwa untuk membuat suatu HKI itu mudah, tinggal mengikuti saja administrasi yang dipersyaratkan maka HKI akan dapat diperoleh. Beliau mencontohkan seperti sebuah naskah berupa buku, modul, video pun bis akita HKI-kan asal asal syaratnya terpenuhi, maka mulailah dengan mencari permasalahan dari berbagai bidang maka tinggal kita cari solusinya” imbunhnya.

Sementara itu IbuRia Dewi mengatakan secara teknis bagaimana prosedur dalam pendaftaran HKI, Langkah apa saja yang harus ditempuh, apa saja kesulitan serta bagaiman stategi agar HKI yang kita daftarkan dapat keluar. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa sebenarnya untuk mendapatkan HKI kita hanya perlu menyiapan administrasi yang diperlukan, apa yang akan kita daftarkan serta bersabar saja, itu simple” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini Universitas Nusa Putra diwakili oleh Bp. Dudih Gustian, Bp. Aryo de Wibowo, Bu Utamy, Bp. Firman dan Bp. Akmal.  Dalam kesempatan itu, Bp. Dudih Gustian selaku wakil ketua LPPM Universitas Nusa Putra bidang penelitian dan publikasi, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini berharap akan banyak HKI yang dihasilkan oleh Universitas Nusa Putra baik dari Dosen, Tenaga kependidikan maupun mahasiswa. Hal ini pula sejalan dengan visi dan misi Lembaga agar memperoleh kampus yang unggul, dan salah satunya melalui kualitas dan kuantitas dari publikasi seperti HKI ini.

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian