Uncategorized

Membangun Desa dengan Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas UMKM

NUANSA- Sebagai salah satu pemenuhan program KKN (Kuliah Kerja Nyata), mahasiswa Universitas Nusa Putra (NPU) menyelenggarakan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini mengusung tema “strategi meningkatkan kuantitas dan kualitas UMKM dalam rangka meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat”. Kelompok  ini berada di Desa Cisolok, KecCisolok, Kab Sukabumi.

Alasan mengangkat tema tersebut karena di Desa ini banyak sekali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), namun kurang dalam segi packaging dan pemasarannya. Maka dari itu mereka melakukan pendataan UMKM karena ini merupakan program wajib dari kampus, sehingga hasil data tersebut akan dijadikan laporan akhir.

Mahasiswa NPU dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mampu memberikan penyuluhan terkait UMKM guna membuka wawasan lebih baik terhadap pelaku UMKM, untuk dapat memperhatikan dari segi packaging maupun dalam kegiatan jual beli sehari hari.

Kegiatan  dilakukan dalam beberapa tahap, yang pertama identifikasi UMKM, yang kedua pendataan UMKM dan yang terakhir  rekap hasil data tersebut  lalu di evaluasi.

“kalau misalkan dari UMKM ini ada yang layak untuk rencana tindak lanjut, selanjutnya kita sosialisasi ke mereka dan kita bisa membantu dalam segi packaging pemasarannya,” ujar Lukman Rafi anggota Kelompok KKN 12.

Tidak hanya pendataan UMKM, mereka juga melakukan pendekatan ke masyarakat melalui kegiatan keagamaan, dengan membantu anak-anak madrasah.

“Untuk desain nya sendiri kita lebih ke memberikan sosialisasi terhadap anak-anak dari PAUD sampai dengan SMK tentang bullying, karena di sini sering terjadi bullying dan juga menggunakan obat-obatan terlarang seperti Narkoba,” ucapnya.

Reporter : Siti Farda
Redaktur : Gina Agustina
Editor : Ivano Kumaran

Sumber Jurnalis Nuansa

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian