Uncategorized

Sosialisasi penyusunan pelaporan pertanggungjawaban dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV tahun 2022

Universitas Nusa Putra (UNP) Sukabumi kembali dipercaya menjadi tuan rumah, dalam kegiatan sosialisasi penyusunan pelaporan pertanggungjawaban dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV tahun 2022 yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Nusa Putra Sukabumi, Selasa (20/9).

Sebanyak 50 perguruan tinggi regional 1 hadir secara langsung di kampus yang berada di Jalan Raya Cisaat Kabupaten Sukabumi itu. Sementara 70 perguruan tinggi lainnya mengikuti secara daring di waktu yang sama. Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan menyambut baik adanya kegiatan tersebut.

Ia mengapresiasi Nusa Putra mendapat kesempatan ikut mendampingi dan menjadi tuan rumah dalam sosialisasi penyusunan laporan hibah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Terimakasih kepada LLDIKTI IV dan ini adalah bentuk apresiasi sekaligus menjadi kebutuhan dan tanggung jawab kita kepada para peneliti di wilayah IV khususnya bagi Nusa Putra karena dengan kegiatan sosialisasi ini kita dapat ilmu baru,” terang Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan kepada Radar Sukabumi, Selasa (20/9).

Kegiatan ini bertujuan agar para dosen yang mendapat hibah membuat laporan yang sesuai Undang-Undang.

“Sehingga kita mempertanggungjawabkan penelitian itu baik secara aturan kepada steakholder dalam hal ini LLDIKTI juga bertanggung jawab kepada masyarakat sebagai betuk laporan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kelembagaan Kerjasama dan Sistem Informasi LLDIKTI IV Wahyudin Tahedi menuturkan, LLDIKTI mendorong perguruan tinggi yang mendapat hibah penelitian agar laporannya tersebut bisa dipertanggungjawabkan melalui kegiatan sosialisasi ini, supaya laporan para dosen bisa sesuai dengan aturan yang disesuaikan.

“Tujuannya untuk melancarkan laporan pertanggunjawaban dari para dosen penerima hibah makanya di sosialisasi ini membahas tentang bagaimana cara menyusun laporan yang benar,” imbuhnya.

Sementara ditemui terpisah Ketua Research & Community Service Unite (RCSU) Universitas Nusa Putra, Paikun menambahkan kegiatan yang dilaksanakan di Universitas Nusa Putra bersama LDIKTI Wilayah IV merupakan kegiatan tentang sosialisasi penyusunan pelaporan pertanggungjawaban dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilingkungan LLDIKTI wilayah IV tahun 2022.

“Kebetulan ini agendanya kegiatan dari LLDIKTI hanya saja LLDIKTI sudah ada kejasama dengan Universitas Nusa Putra sehingga penyelenggaraanya dilakukan di Nusa Putra dan kita Nusa Putra menjadi penerima hibah terbanyak ke-2 se-Jawa Barat dan Banten sehingga diliksanakan di Nusa Putra,” paparnya.

Adapun dikatakan Paikun, setiap tahunnya penyusunan laporan hibah penelitian dan pengabdian sistemnya mengalami perubahan dari awalnya menggunakan sistem Simlitabmas dialihkan kepada Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BIMA), sehingga dari itu perlu adanya sosialisasi kepada para para dosen khususya bagi LPPM di setiap perguruan tinggi.

“Karena berubah sistem perlu disosialisasikan seperti apa penggunaannya sistem tersebut karena ada perbedaan karwna ada fitur-fitur yang sebelumnya ada dan di BIMA ini jadi tidak ada seperti menggunggah laporan pertanggung jawabkan belanja para peneliti nah dulukan ada tinggal mengunggah di platfon yang sekarang itu tidak ada malah yang sekarang itu harus dilakukan monev internal jadi di Nusa Putra internal dilakukan monitoring tentang kegiatan dan belanja penelitiannya apa saja yang dilakukan LPPM atau RCSU baru nanti dilakukan ke Dikti jadi sifatnya sekarang kolektif tidak lagi perorangan,” pungkasnya.

 

Sumber : https://nusaputra.ac.id/terima-hibah-terbanyak-universitas-nusa-putra-sukabumi-tuan-rumah-kegiatan-pelaporan-hibah-penelitian-dan-pengabdian-lldikti-4/

 

 

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian