Monev External MF Kedaireka 2022

Sukabumi, 03 Desember 2022

Tim MF Kedairaka dari Universitas Nusa Putra mendapat kesempatan untuk memaparkan hasil progress penelitiannya melalui Monitoring dan Evaluasi Program Matching Fund tahun 2022, dimana kegiatan ini dilaksanakan secara Daring pada hari Sabtu, 03 Desember 2022.   Dalam kegiatan ini tim Asesor Kemendikbud Dikti di hadiri oleh Bu Setyo Pertiwi dan Puji Andayani.  Sementara itu untuk tim MF Kedaireka dari Universitas Nusa Putra dihadiri oleh Bp. Paikun selaku ketua tim dan anggota tim yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dilain pihak, mitra yang hadir dalam kegiatan saat itu dihadiri oleh Bp. M. Rizal Taslim dari Direktur Khatulistiwa Hijau Prima.

Kegiatan Monev yang berlangsung selama satu hari itu, Bp. Paikun selaku ketua tim memaparkan progress penelitian yang telah dilakukan bersama timnya selama ini, dimana dalam kesempatan itu beliau menjelaskan kegiatan ini mencakup beberapa kegiatan, yaitu perancangan mesin hammer mill, pembuatan mesin hammer mill, uji coba mesin, pelatihan pembuatan zeolite powder menggunakan hammer mill yang dibuat, serta pembentukan dan pelatihan UMKM. Rancang bangun dan hasil uji coba mesin hammer mill direncanakan akan menjadi bahan penulisan artikel untuk publikasi ilmiah.  Selain itu Bp. Paikun yang merupakan Direktur RCSU/LPPM Universitas Nusa Putra mengungkapkan bahwa pembuatan mesin hammer mill dikalsanakan oleh tim MF sendiri dengan melibatkan 6 orang mahasiswa sebagai bentuk pembelajaran berbasis proyek.  Dan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi berupa pembentukan dan pelatihan UMKM sudah dilaksanakan, menghasilkan 3 UMKM, total melibatkan 3 orang alumni dan 12 orang mahasiswa aktif, ketiga UMKM sudah didaftarkan sebagai UMKM produsen zeolite powder.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari pihak aseor kepada Tim MF Kedaireka Universitas Nusa Putra terkait progress yang selama ini telah dikerjakan, seperti luaran yang dijanjikan seperti daro proposal, kendala yang dialami selama melakukan penelitian serta soliditas tim.

Kegiatan MF Kedaireka Universitas Nusa Putra menghasilkan luaran publikasi berupa rancangan mesin hammer mill dan 3 UMKM produsen zeolite powder. Luaran lain yang direncanakan segera diperoleh adalah konstruksi 3 unit mesin hammer mill, HKI atas mesin hammer mill, buku ber ISBN, serta karya publikasi ilmiah terkait rancang bangun dan uji kinerja mesin hammer mill.

Mudah-mudah dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap dapat memberi pengalaman kepada para Dosen di lingkungan Universitas Nusa Putra, sehingga nantinya akan tambah semangat dalam mengajukan proposal penelitian ke Kedaireka yang tahun ini sudah mulai dibuka”imbuh Pak Paikun.

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *