Uncategorized

Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Nusa Putra Presentasikan Hasil Penelitian di SEMNASIF 2020

SUKABUMIUPDATE.com – Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Nusa Putra M Syukron Nawawi mengikuti kegiatan Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) yang diselenggarakan oleh Universitas UPN Veteran Yogyakarta pada 26 November 2020.

Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti berbagai peserta dari seluruh Indonesia salah satunya Mahasiswa dari Sistem Informasi Universitas Nusa Putra. Seminar ini berupa presentasi hasil Penelitian Mahasiswa.

Sebelum terselenggaranya seminar mahasiswa melalui beberapa tahap agar lolos publikasi dan mengikuti seminar ini. Naskah terpilih akan dipublikasikan pada Jurnal Informatika dan Teknologi informasi yang terindeks SINTA 3. Kemudian akan diterbitkan pula pada prosiding online SEMNASIF 2020 (ISSN,DOI,Google Scholar) oleh Jurusan Teknik informatika UPN “Veteran” Yogyakarta.

“Seminar ini salah satu pemenuhan SKS dalam mata kuliah riset karena dengan adanya program kampus merdeka jadi mahasiswa sudah diharuskan mencari Penelitian sendiri. Untuk jurusan Sistem Informasi sendiri dilaksanakan oleh saya sendiri dan juga sekaligus sebagai presenter seminar,” ujar M Syukron Nawawi.

“Pada awalnya cukup tegang dan grogi karena baru pertama kalinya melakukan presentasi pada seminar nasional, ditambah pada room itu hanya saya seorang mahasiswa satu-satunya dan yang lainnya dosen bahkan ada profesor juga. Setelah beberapa menit saya sudah merasakan tenang dan percaya diri. Hingga berjalan dengan lancar dan mendapatkan feedback cukup baik,” ujar M Syukron Nawawi menyampaikan perasaannya setelah seminar berlangsung.

“Walaupun dalam proses Penelitian ini saya hanya sendiri berbeda dengan yang lain yaitu dikerjakan berkelompok tetapi saya selalu koordinasi kepada pembimbing saya yaitu bapak Dudih Gustian, dan juga beliau selalu memberikan arahan dan motivasi agar penelitian saya bisa lolos dari tim reviewer di jurnal tersebut. Beliau senantiasa teliti dan sabar dalam membimbing penelitian ini serta  beliau pun sudah berpengalaman dalam hal ini karena beliau termasuk salah satu reviewer juga di beberapa jurnal nasional” ujar M Syukron Nawawi.

Dudih Gustian selaku pembimbing para mahasiswa ini menyampaikan rasa syukurnya. “Saya sangat senang sekali dan mendukung apa yang telah dilakukan sampai sejauh ini. Dan mudah-mudahan dengan apa yang telah M Syukron Nawawi lakukan dapat menjadi contoh serta penyemangat bagi kelompok lainnya agar tidak sungkan dalam mempresentasikan hasil penelitiannya di forum umum baik seminar nasional maupun internasional. Memang rasa malu, canggung dan grogi akan muncul saat baru pertama presentasi, tapi kedepannya Insya Allah akan terbiasa.” ujar Dudih.

“Penelitian ini Insya Allah tidak akan berhenti sampai disini, namun terus akan dikembangkan kedepannya dan rencananya akan diajukan untuk didanai Pemerintah. Mudah-mudahan dengan begitu membuat semangat bagi kami dalam terus mengembangkan ilmu dalam bidang data mining ini,” tutup Dudih.

Sumber : https://sukabumiupdate.com/posts/mereka/figur/80499-Mahasiswa-Sistem-Informasi-Universitas-Nusa-Putra-Presentasikan-Hasil-Penelitian-di-SEMNASIF-2020

admin-lppm

divisi penelitian dan publikasi - @Dudih Gustian